Real estate dan real properti

08 Jun 2020

Properti (real estat dan real properti) adalah konsep hukum yang mencakup kepentingan, hak dan manfaat yang berkaitan dengan suatu kepemilikan. Properti terdiri atas hak kepemilikan, yang memberikan hak kepada pemilik untuk suatu kepentingan tertentu (specific interest) atau sejumlah kepentingan atas apa yang dimilikinya. Oleh karena itu, kita wajib memperhatikan konsep hukum dari properti yang meliputi segala sesuatu yang merupakan konsep kepemilikan atau hak dan kepentingan yang bernilai, berbentuk benda atau bukan (corporeal or non corporeal), berwujud atau tidak berwujud, dapat dilihat atau tidak, yang memiliki nilai tukar atau yang dapat membentuk kekayaan (Konsep Prinsip Umum Penilaian, KPUP 2.2).

Real estat: tanah dan segala benda yang merupakan bagian alamiah dari tanah, misalnya pohon dan mineral, serta benda lainnya yang dibuat oleh manusia, misalnya bangunan dan pengembangan lahan lainnya. Seluruh bagian dari bangunan permanen lainnya seperti plumbing, sistem pemanas dan pendingin, jaringan listrik dan benda built-in seperti elevator, lift, adalah juga bagian dari real estat. Real estat meliputi seluruh benda yang melekat padanya, baik di bawah maupun di atas permukaan tanah (Standar Penilaian Indonesia, SPI 300-3.4)

Real properti: merupakan penguasaan yuridis atas tanah yang mencakup semua hak atas tanah (hubungan hukum dengan bidang tanah tertentu), semua kepentingan (interest), dan manfaat (benefit) yang berkaitan dengan kepemilikan real estat (Standar Penilaian Indonesia, SPI 300-3.5). Real Properti dibedakan dengan jenis properti lainnya yaitu Personal Properti , Perusahaan/Badan Usaha  dan Hak Kepemilikan Finansial.

Jadi tanah yang diikat dengan hak build operated and  transfer (BOT) atau bangun, serah dan terima,  tidak termasuk bagian real properti dari suatu objek penilaian melainkan real estate (hanya fisik).

Penilaian dalam perspektif praktek penilaian dapat diartikan dengan proses pekerjaan untuk memberikan opini tertulis atas nilai ekonomi suatu objek penilaian sesuai dengan SPI (PMK 101/2014).

Share

loan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *