Properti punya produktivitas maksimal

Properti punya produktivitas maksimal
11 Apr 2022

Analisis HBU merupakan hal wajib dalam manajemen asset real properti, baik dalam hal optimalisasi aset maupun penilaian aset. Analisis HBU terdiri dari, analisis kelayakan secara fisik (physically feasible), analisis kelayakan secara peraturan (legally permissible), analisis kelayakan secara keuangan (financially feasible), dan analisis produktivitas yang maksimal (maximally productive).

Sebuah properti memiliki produktivitas yang maksimal jika memiliki tolok ukur finansial yang lebih baik dibanding properti atau alternatif properti lainnya. Tolok ukur finansial yang digunakan Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Payback Period, Return on Investment (ROI), Benefit Cost Ratio. Bilamana dua atau lebih alternatif properti sama-sama menunjukan hasil analisis layak secara fisik, diijinkan secara peraturan, dan layak secara keuangan, maka alternatif properti yang memenuhi kriteria HBU adalah alternatif properti yang memiliki tolok ukur finansial yang lebih baik dibanding alternatif properti lainnya.

Analisis peraturan berkaitan dengan suatu properti ataupun alternatif properti yang akan dikembangkan di atas suatu bidang lahan atau tanah tertentu didukung atau diijinkan oleh ketentuan peraturan yang ada. Ketentuan peraturan berupa zoning (peruntukan tanah), KDB (Koefisisen Dasar Bangunan), KLB (Koefisisen Luas Bangunan), ketinggian maksimal bangunan, sempadan jalan dan ketentuan tentang Rencana Umum Tata Ruang/Wilayah (RUTR/W) lainnya serta peraturan berkaitan dengan lalu lintas dan lingkungan hidup sangat berpengaruh terhadap alternatif properti yang dapat dikembangkan.

Dalam konteks optimalisasi aset dilaksanakan lebih detail dibandingkan dalam konteks penilaian aset. Nah ini pada umumnya adalah kerja professional para penilai dan menerbitkan hasil laporan penilaian nya (valuation). Hasil dari Penilai diterbitkan laporan penilaian dari Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) yang bersangkutan.

Share

loan

Leave a Reply

Your email address will not be published.